Berita RS Dr. Oen Solo Baru

HASIL CAPAIAN MUTU TRIWULAN III TAHUN 2019

KEPATUHAN PENGGUNAAN FORMULARIUM NASIONAL UNTUK PASIEN BPJS

PENERIMAAN OBAT DARI DISTRIBUTOR WAKTU KADALUARSA <2 TAHUN

KETEPATAN PENYIMPANAN ELEKTROLIT KONSENTRAT DI UNIT PELAYANAN

WAKTU TUNGGU KEDATANGAN ORDER NUTRISI ENTERNAL

KEPUASAN PASIEN DAN KELUARGA

KECEPATAN RESPON TERHADAP KOMPLAIN

WAKTU TUNGGU KEDATANGAN ORDER REAGEN KIMIA KLINIK

KELENGKAPAN ASESMEN ULANG RISIKO JATUH PASIEN POST ANESTESI DAN SEDASI

ANGKA KEJADIAN IADP (INFEKSI ALIRAN DARAH PRIMER)

ANGKA KEJADIAN INFEKSI SALURAH KEMIH

ANGKA KEJADIAN DEKUBITUS SELAMA MASA PERAWATAN

ANGKA KEPATUHAN OBAT TERHADAP CLINICAL PATHWAY

 

RS Dr. OEN SOLO BARU mengadakan edukasi kesehatan rutin setiap hari kamis yang di adakan di Lobby Utama RS Dr. OEN SOLO BARU. Edukasi Kamis  (17/10) mengenai persiapan pasien sebelum operasi dan pengawasan pasien sesudah operasi yang dibawakan oleh Dr. Debora Marga P dan diikuti oleh pasien serta pengunjung RS Dr. OEN SOLO BARU.

Pada edukasi kali ini Dr. Debora Marga P menjelaskan secara rinci persiapan yang dilakukan oleh para medis sebelum menjalani operasi yaitu dengan melakukan penandaan, pemasangan alat medis serta beberapa pemeriksaan penunjang yang diperlukan oleh pasien. Dr. Debora Marga P  juga menjelaskan bahwa persiapan tidak hanya dilakukan oleh para medis saja, tetapi diperlukan adanya persiapan menjelang operasi oleh pasien, seperti Puasa selama 6-8 jam bagi pasien dewasa atau 4 jam bagi pasien anak. Persiapan dengan puasa dapat meminimalisir resiko isi lambung masuk saluran napas pasien. Selain itu, pasien juga perlu untuk mandi dan jika memungkinkan diminta untuk keramas agar mengurangi resiko infeksi.  Pasien juga diminta untuk mengosongkan kandung kemih, menggunakan baju operasi, memotong kuku, melepaskan perhiasan, menghapus make up serta menghapus cat kuku Kegiatan edukasi ditutup dengan penjelasan mengenai pengawasan yang dilakukan pasca operasi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Unit Pelayanan Luar Rumah Sakit (PLRS) RS Dr. OEN SOLO BARU dengan mengusung materi edukasi kesehatan yang berbeda setiap minggunya. RS Dr. OEN SOLO BARU berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terkait kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan sekitar. 

 

 

 

 

Praktek pijat bayi telah berlangsung lama dalam masyarakat Indonesia. Persoalannya adalah banyak masyarakat yang tidak memahami secara benar manfaat dan penatalaksanaan pijat bayi. Pemijatan dengan teknik yang tidak tepat dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan bayi, bahkan berdampak fatal pada keselamatan bayi. Dalam rangka penatalaksanaan Program Kerja Tim Penggerak PKK kecamatan Grogol tahun 2019, Tim Penggerak PKK Kecamatan Grogol menggandeng RS Dr. OEN SOLO BARU untuk memberikan edukasi seputar pijat bayi oleh Bidan Elys Kurniawati, Amd. Keb, bidan yang berdinas di RS Dr. OEN SOLO BARU. Tidak hanya menyampaikan materi tentang pijat bayi, peserta juga dibekali ilmu seputar Makanan Pendamping Ais Susu Ibu (MPASI) dan Makanan Pendamping ASI yang langsung disampaikan oleh dr. Pendy Handoko, SP. A. Acara ini diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Grogol pada Rabu (9/10).

Pijat adalah seni perawatan kesehatan dan pengobatan yang di praktekkan sejak berabad abad tahun silam. Pijat bayi sangat baik untuk perkembangan bayi. Perkembangan anak akan optimal bila sejak bayi mendapatkan perhatian dan stimulasi yang cukup. Pengalaman pijat bayi pertama yang di alami bayi adalah saat dilahirkan, yaitu pada waktu bayi melalui jalan lahir si ibu. Ada 2 manfaat pijat bayi, efek biokimia: menurunkan hormon stres dan efek fisik/klinis pijat adalah : meningkatan kekebalan tubuh, memperbaiki sirkulasi darah dan pernafasa, merangsang fungsi pencernaan serta pembuanga, meningkatkan kenaikkan berat badan, membuat bayi rileks, meningkatan kesiagaan , membuat bayi tidur lelap, mengurangi rasa sakit, mengurangi kembung dan kolik (sakit perut), meningkatkan hubungan orang tua bayi, dan meningkatkan volume air susu ibu.”Pijat bayi harus dilakukan oleh orang yang terlatih tentang pijat bayi dan paham anatomi tubuh,  ” ujar bidan Elys. Karena jika dilakukan oleh pemijat  yang tidak terlatih akan berbahaya dan menyebabkan perdarahan otak, gangguan gerak usus, keseleo, dan efek buruk lainnya.

Hal penting lain yang perlu dipahami oleh ibu dan keluarga adalah seputar ASI. ASI Eksklusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan selama 6 (enam) bulan, tanpa menambahkan dan/atau mengganti dengan makanan atau minuman lain. Didalam asi terkandung Karbohidrat, protein, lemak, karnitin, vitamin  A, B, C, E, D, K,  asam folat serta mineral yang sangat penting sekali bagi pertumbuhan bayi. Mulai  usia 6 bulan, anak memerlukan tambahan makanan selain ASI yang sering dikenal  dengan istilah MPASI. Banyak juga orang tua yang tidak tahu apa yang dimaksud pengenalan makanan tambahan, apa keuntungannya, kapan pemberian makanan, apa saja yang harus diperkenalkan, makanan apa yang cocok, dan makanan apa yang harus dihindari untuk bayi usia tertentu dan sebagainya. Orang tua terutama ibu yang pengetahuan tentang makanan kurang, maka banyak dari mereka yang salah dalam memperkenalkan makanan untuk anaknya. Orang tua sering memberikan makanan pada saat bayi usia kurang dari 6 bulan.

“MPASI yang diberikan harus memenuhi kebutuhan energi, protein, dan mikronutrein anak”, ujar dr. Pendy. Proses persiapan dan pembuatan MPASI harus menggunakan cara, bahan, dan alat yang aman serta higienis. “Berikan MPASI secara konsisten sesuai sinyal lapar atau kengang dari anak” tutur dr. Pendy menambahkan. Dalam sesi ini dr. Pendy juga menjelaskan cara penyimpanan MPASI dengan aman serta langkah-langkah yang dilakukan ketika anak susah makan. Peserta nampak sangat antusias dan melalui sesi tanya jawab, peserta dapat bertanya berbagai hal terkait materi yang disampaikan.

RS Dr. OEN SOLO BARU terus berkomitmen menjadi rumah sakit yang melaksanakan upaya pelayanan kesehatan yang terjangkau masyarakat luas, tanpa membedakan suku, bangsa,  agama,  aliran  politik  dan  kedudukan sosial ekonomi sesuai dengan salah satu misi dari Rumah Sakit. RS Dr. OEN SOLO BARU selalu berupaya menjalankan tanggung jawab sosial dengan memberikan pendidikan pada pasien dan keluarga maupun masyarakat. Dengan demikian, diharapkan masyarakat sekitar mendapatkan pemahaman serta meningkatkan pengetahuan yang mendalam terkait pentingnya pijat pada bayi dan MPASI.

 

 

 

 

 

Berita Terkini

  • 1
  • 2
  • 3
Prev Next

Pengenalan HIV/AIDS

10-12-2019

Pengenalan HIV/AIDS Kebanyakan orang tahu ba...

HASIL CAPAIAN MUTU TRIWULAN III TAHUN 20…

15-11-2019

HASIL CAPAIAN MUTU TRIWULAN III TAHUN 2019

HASIL CAPAIAN MUTU TRIWULAN III TAHUN 2019 K...

EDUKASI TENTANG PERSIAPAN PASIEN SEBELUM…

19-10-2019

EDUKASI TENTANG PERSIAPAN PASIEN SEBELUM OPERASI DAN  PENGAWASAN SESUDAH OPERASI

  RS Dr. OEN SOLO BARU mengadakan edukasi ...

EDUKASI PIJAT BAYI DAN MPASI

10-10-2019

EDUKASI PIJAT BAYI DAN MPASI

  Praktek pijat bayi telah berlangsung lama ...

FESTIVAL MAINAN TRADISIONAL ANAK

08-10-2019

FESTIVAL MAINAN TRADISIONAL ANAK

  Kemajuan teknologi  telah menggeser kebe...

SEMINAR AWAM PENATALAKSANAAN PASIEN HD

30-01-2019

SEMINAR AWAM PENATALAKSANAAN PASIEN HD

  RS Dr. OEN SOLO BARU mengadakan Seminar ...

Generasi Baru Terapi Cuci Darah

17-12-2018

Generasi Baru Terapi Cuci Darah

GENERASI BARU TERAPI CUCI DARAH DENGAN LAYANA...

HASIL CAPAIAN MUTU SEMESTER I TAHUN 2018

20-07-2018

HASIL CAPAIAN MUTU SEMESTER I TAHUN 2018

HASIL CAPAIAN MUTU SEMESTER I TAHUN 2018   ...

Guests Online

Kami memiliki 16 tamu dan tidak ada anggota online