Berita RS Dr. Oen Solo Baru

 

RS Dr. OEN SOLO BARU mengadakan Seminar Kesehatan pada Minggu (27/01). Seminar ini terselenggara atas kerja sama dengan IKCC (Indonesia Kidney Care Club). IKCC merupakan suatu organisasi non profit dan independen yang terdiri dari pasien-pasien yang menderita gangguan ginjal dan masyarakat yang sadar terhadap kesehatan ginjal. Tema yang diusung adalah Penatalaksanaan Pasien Hemodialisis dengan Gejala Inflamasi dan Malnutrisi. Seminar ini diikuti oleh pasien gagal ginjal yang rutin menjalani perawatan dan pengobatan cuci darah di RS Dr. OEN SOLO BARU serta anggota IKCC. Seminar dibawakan oleh DR. Dr. Agung Susanto, Sp.PD FINASIM, dokter spesialis Penyakit Dalam di RS Dr. OEN SOLO BARU.

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang mempunyai peran vital diantaranya untuk mengeluarkan zat – zat sisa metabolisme  tubuh kita. Meskipun begitu masih banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa setiap saat akan selalu ada penyakit yang dapat merusak ginjal, sampai pada akhirnya jatuh dalam kondisi gagal ginjal dan memerlukan terapi pengganti ginjal. Fungsi ginjal normal antara lain adalah untuk membuang zat yang berbahaya/racun dari dalam tubuh, mengatur keseimbangan cairan, memproduksi sejumlah hormon, mengatur tekanan darah, serta mengatur keseimbangan asam basa, dan elektrolit dalam tubuh. Secara sederhana gagal ginjal merupakan suatu kondisi dimana ginjal tidak lagi dapat menjalankan fungsi normalnya sehingga menyebabkan gangguan fungsi tubuh.

Hemodialisis merupakan salah satu jenis terapi pasien gagal ginjal tahap akhir yang banyak dijalani oleh penderita di Indonesia. Hemodialisis digunakan untuk menggantikan sebagian fungsi ginjal. Walau tidak sesempurna fungsi asli ginjal, hemodialisis dapat membantu menormalkan kembali keseimbangan cairan, membuang sisa metabolisme tubuh, menyeimbangkan asam-basa-elekterolit dalam tubuh, dan membantu mengendalikan tekanan darah. Hanya saja hemodialisis tidak dapat memproduksi sejumlah hormon yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Proses dialisis dilakukan dengan mempertukarkan berbagai zat yang terkandung dalam darah dan cairan dialisat (cairan yang menyerupai cairan tubuh yang normal). Proses pertukaran tersebut terjadi pada bagian mesin hemodialisis yang disebut dialiser melalui berbagai tahap antara lain proses difusi dan ultrafiltrasi.

Hemodialisis dengan membran low-flux yang dikenal dengan istilah HD konvensional adalah contoh yang paling baik untuk proses difusi. HD low-flux mempunyai tingkat proses difusi yang paling tinggi untuk molekul dengan BM yang rendah. Translokasi molekul ini melalui membran semipermeable di pengaruhi oleh perbedaan konsentrasinya (gradient consentration). Namun demikian HD dengan membran low-flux mempunyai keterbatasan dengan proses konveksi, sehingga translokasi dengan BM menengah  maupun tinggi tidak terjadi dengan baik. Sebaliknya  Hemofiltrasi (HF) dengan membran high-flux mempunyai tingkat ultrafiltrasi dan konveksi yang paling tinggi untuk molekul dengan BM sedang dan berat.

Salah satu akibat penyakit gagal ginjal kronik adalah disfungsi biologis dan klinis yang berujung pada inflamasi yang berujung pada kerusakan molekul ginjal. Inflamasi merupakan penyebab utama dalam proses terjadinya progesitivitas aterosklerosis atau pengkerakan dalam pembuluh darah. Inflamasi juga dapat mengakibatkan malnutrisi pada pasien. Oleh karena itu perlu dipahami penatalaksanaan pasien hemodialisis dengan gejala inflamasi dan malnutrisi sehingga tidak terjadi kondisi yang lebih buruk lagi terhadap pasien. Terapi inflamasi salah satunya dapat dilakukan melalui HemodiaFiltration with Endogeneous Reinfusion (HFR), ada pula menyebut dengan istilah HER atau HDF.

DR. Dr. Agung Susanto, Sp.PD FINASIM menjelaskan bahwa dengan menggabungkan proses difusi (HD) dan konveksi (HF) dalam satu sesi terapi terpadu, maka akan terjadi gabungan antara peningkatan proses konveksi yaitu penjernihan molekul dengan BM tinggi tanpa mengorbankan proses difusi (dialisis) yaitu penjernihan molekul dengan BM rendah. HFR adalah teknik hemodialisis yang menggabungkan hemodialisis dan hemofiltrasi. HFR merupakan proses penjernihan darah dari sisa metabolism dengan menggabungkan proses difusi dan konveksi melalui membran semipermiabel tipe high-flux. Cairan dibuang sebanyak mungkin dari tubuh dengan proses ultrafiltrasi, untuk menyeimbangkan berat badan yang dikehendaki ditambahkan cairan subtitusi (cairan pengganti) yang bersifat steril dan pyrogen free. HFR lebih baik dari HD dalam menjernihkan darah dari molekul dengan BM tinggi (middle molecule).

Terapi menggunakan HFR telah tersedia di Unit Hemodialisis RS Dr. OEN SOLO BARU dan satu-satunya yang saat ini ada di wilayah Jawa Tengah. Ini merupakan salah satu wujud peningkatan pelayanan kesehatan kepada pasien. Diharapkan teknologi yang dihadirkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien HD yang melakukan perawatan di RS Dr. OEN SOLO BARU.  Selain seminar, juga tersedia pojok konsultasi gizi dan pemeriksaan tensi serta gula darah gratis. Diharapkan setelah kegiatan ini, pasien dapat lebih memahami kondisinya dan dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Keluarga pasien juga diharapkan lebih peduli dan membantu pasien menerapkan pengaturan diet makanan yang tepat sehingga dapat membantu proses pengobatan pasien. Acara juga dimeriahkan dengan adanya hiburan doorprize menarik. Konsumsi yang disediakan pun juga dikhususkan dalam sajian makanan diet gagal ginjal.

RS Dr. OEN SOLO BARU terus berkomitmen menjadi rumah sakit yang selalu mengerti kebutuhan pasien dan keluarga dengan aktif menyelenggarakan seminar kesehatan untuk masyarakat umum. RS Dr. OEN SOLO BARU selalu berupaya menjalankan tanggung jawab sosial dengan memberikan pendidikan pada pasien dan keluarga. Dengan demikian, diharapkan seluruh pasien dan keluarga tidak hanya menjalankan pengobatan dan perawatan, tetapi juga mendapatkan perhatian dan pemahaman yang mendalam terkait penyakit yang dialaminya.

 

Berita Terkini

  • 1
  • 2
  • 3
Prev Next

SEMINAR AWAM PENATALAKSANAAN PASIEN HD D…

30-01-2019

SEMINAR AWAM PENATALAKSANAAN PASIEN HD DENGAN GEJALA INFLAMASI DAN MALNUTRISI

  RS Dr. OEN SOLO BARU mengadakan Seminar ...

Generasi Baru Terapi Cuci Darah

17-12-2018

Generasi Baru Terapi Cuci Darah

GENERASI BARU TERAPI CUCI DARAH DENGAN LAYANA...

HASIL CAPAIAN MUTU SEMESTER I TAHUN 2018

20-07-2018

HASIL CAPAIAN MUTU SEMESTER I TAHUN 2018

HASIL CAPAIAN MUTU SEMESTER I TAHUN 2018   ...

SEMINAR MENYUSUI: INVESTASI KINI DAN NAN…

03-02-2018

SEMINAR MENYUSUI: INVESTASI KINI DAN NANTI

MARI MENGHADIRI SEMINAR "SERBA-SERBI MENYUSUI...

PENDAFTARAN RAWAT JALAN POLI SPESIALIS D…

01-02-2018

PENDAFTARAN RAWAT JALAN POLI SPESIALIS DAN IMUNISASI DI KIA VIA WA & SMS

Saat ini, Rumah Sakit Dr Oen Solo Baru member...

HASIL CAPAIAN MUTU SEMESTER 1 TH 2017

22-08-2017

HASIL CAPAIAN MUTU SEMESTER 1 TH 2017

PENCEGAHAN & PENGENDALIAN INFEKSI, SURVEI...

Deteksi Dini Penyakit Jantung Koroner

07-07-2017

Deteksi Dini Penyakit Jantung Koroner

Salah satu penyakit kardiovaskular yang men...

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Ma…

30-06-2017

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial

Telah bergabung bersama RS Dr. OEN SOLO BAR...

Bila Anak Kejang Demam

05-06-2017

Bila Anak Kejang Demam

KEJANG DEMAM (dalam Bahasa Jawa disebut 'St...

Guests Online

Kami memiliki 16 tamu dan tidak ada anggota online